Waspadai Pergerakan Patahan Cimandiri

0 1.013

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Kabupaten Cianjur menjadi salah satu dari tiga daerah di Jawa Barat yang berpotensi mengalami gempa bumi dengan skala 8 MMI (Modified Mercalli Intensity) atau sama dengan gempa di Lombok. Apalagi ada sumber gempa yang bersumber di darat yakni akibat bergeraknya lempengan bumi.

Informasi adanya potensi gempa itupun sudah menyebar dalam pesan berantai di sejumlah aplikasi percakapan, seperti whatsapps. Disebutkan jika Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengeluarkan release terkait gempa yang diakibatkan pergerakan patahan Cimandiri dalam waktu dekat.

Terkait hal itu, Peneliti Bumi Madya PVMBG Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Supartoyo, mengatakan, terkait potensi adanya gempa bumi akibat pergerakan lempengan di Jawa Barat, memang benar. Namun pihaknya menegaskan jika terkait waktu tidak ada yang bisa memprediksi kapan akan terjadi.

“Jawa Barat ini ada beberapa patahan dan lempengan yang bergerak hingga berpotensi menjadi penyebab gempa yang bersumber di darat. Tapi saya sampaikan jika terkait waktunya kapan atau tempatnya di mana gempa itu terjadi, semua peneliti sepakat jika tidak ada yang bisa memprediksi atau meramalkan,” ujar dia saat dihubungi Cianjur Ekspres, Rabu (15/8).

Dia menuturkan, Cianjur ini menjadi salah satu daerah yang berpotensi terdampak jika patahan Cimandiri mengalami pergerakan. Bahkan termasuk Sukabumi dan Bandung Barat yang juga dilintasi oleh patahan tersebut. “Di Jawa Barat ini ada juga patahan dan lempengan lainnya selain Cimandiri yang juga memliki potensi serupa,” kata dia. (bay/red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.