16 Ribu APD Tenaga Medis Disalurkan

Cianjurekspres.net, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat menyalurkan 16.963 Alat Pelindung Diri (APD) tenaga medis, ke 189 rumah sakit dan lima institusi di Jawa Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, Berli Hamdani menyebut, APD yang disalurkan merupakan bantuan dari berbagai pihak seperti Jack Ma (co-founder Alibaba Group) dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI.

“Rumah sakit yang menerima bantuan APD hampir tersebar di seluruh wilayah Jabar, di antaranya RSHS Bandung, RSUD Indramayu, RSUD Gunung Jati Cirebon, RSU PMI Bogor, RS Puri Cinere Depok, RS Permata Bekasi, RSUD Ciamis, hingga RSUD dr. Soekardjo Tasikmalaya,” ujarnya kepada wartawan di Gedung Pakuan, Sabtu (4/4/2020).

Sementara, lima institusi Jabar yang juga menerima bantuan APD adalah Laboratorium Kesehatan Provinsi Jawa Barat (Labkesda Jabar), Landasan Udara Husein Sastranegara, BPKPM Jabar, BPSDM Jabar, serta Dinas Kesehatan Jabar.

“Semoga akan semakin banyak APD yang bisa kami distribusikan ke seluruh rumah sakit di Jabar maupun instansi daerah yang menjadi tempat pelaksanaan fungsi pelayanan,” kata Berli.

Ia pun menyebut, Pemprov Jabar juga terus membuka kesempatan bagi perusahaan, organisasi, atau komunitas yang ingin membantu dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Karena seperti pesan gubernur, wabah ini bisa dihentikan jika semua pihak termasuk masyarakat bekerja sama,” tambahnya.

Sebagai informasi, pendistribusian APD kali ini merupakan tahap ketiga yang dilakukan Dinkes Jabar. Adapun dua tahap pendistribusian APD sebelumnya yakni 11.382 APD berasal dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan dan BNPB serta 619 APD berasal dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Jasa Medivest, salah satu anak BUMD di Jabar.(Nida Khairiyyah/**)