Pemdes Campakawarna Bangun Jalan dan TPT

0 237

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Penerapan bantuan untuk peningkatkan pembangunan di wilayah pedesaan saat ini masih menjadi prioritas. Bergulirnya anggaran Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat, dimanfaatkan Pemerintah Desa Campakawarna, Kecamatan Campakamulya, untuk membenahi berbagai fasilitas umum, seperti perbaikan jalan dan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT).

Kepala Desa Campakawarna, Suhendi mengatakan, upaya untuk mensejahtrakan warga desa melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi, pihaknya telah melaksanakan berbagai pembangunan serta pembenahan infrastruktur dan fasilitas umum, dengan perbaikan jalan serta pembangunan TPT yang dibiayai dari DD tahap pertama tahun anggaran 2018.

“Pembenahan atau perbaikan fasilitas umum, seperti perbaikan jalan dan pembangunan TPT ini, bisa dikatakan sebagai bentuk kepedulian pemerintah, mulai dari pemerintah desa sampai pemerintah pusat, dalam keinginan untuk pemerataan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat desa,” kata Suhendi.

Suhendi menambahkan, perbaikan jalan sepanjang 420 meter ini dilakukan dengan cor rabat beton, ditambah penambahan pengerasan jalan sepanjang 160 meter. Sementara untuk Tembok Penahan Tanah (TPT) baru dibangun sepanjang 20 meter. Selain infrastruktur, Pemdes Campakawarna juga membangun Posko KB di wilayah Kampung Sukajembar.

“Seluruh pembangunan tersebut berdasarkan hasil kesepakatan bersama. Dengan dibangunnya fasum ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga desa, melalui peningkatan ekonomi kerakyatan. Kami juga sangat berterima kasih pada pemerintah pusat telah menggulirkan dana desa yang diperuntukan untuk peningkatan kesejahteraan,” ujar Suhendi kepada Cianjur Ekspres, Selasa (7/8).

Lebih lanjut Suhendi menjelaskan, pembangunan infrastruktur di desanya baru dilakukan sekitar 30 persen. Artinya, masih banyak yang belum tersentuh karena dana desa dari pemerintah pusat untuk 2018 ini baru tahap satu.

“Tahun kemarin hanya digelontorkan sekitar 50 persen. Untuk pastinya kami berharap untuk membangun infrastruktur tidak hanya dari dana desa saja, tetapi dari program lainnya. Karena desa kami masih butuh banyak dana untuk pembangunan,” jelasnya.

Sementara itu, Beni Tim Pelaksana Kerja (TPK) Desa Campakamulya mengungkapkan, sesuai RAB yang telah ditentukan pembangunan jalan dari dana desa diterapkan di RW05 Kampung Cipamoyanan Hilir sampai Cipamoyanan Girang.

Total anggaran untuk pembangunan cor jalan itu mencapai Rp 217 juta dengan hasil volume ahir sepanjang 420 meter dan lebar 2 meter, dengan ketinggian 15 sentimeter.

“Ya kalau untuk pelaksanaannya sendiri alhamdulillah sudah rampung 100 persen hingga manfaatnya sudah benar dirasa oleh masyarakat Campakawarna,” pungkasnya. (mg1/yhi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.