Pemprov Jabar akan Kucurkan Rp5 Triliun Bagi Keluarga Terdampak Covid-19

Cianjurekspres.net, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama DPRD Provinsi Jawa Barat menyepakati akan memberikan bantuan kepada keluarga yang mengalami dampak Covid-19 (Coronavirus Disease).

Hasil analisis Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran bersama Bappeda Jawa Barat, akan ada 1 juta penduduk berstatus miskin baru di Jawa Barat.

“Jadi akan dibagi menjadi dua, bagi warga yang memiliki kartu sembako dari pusat maka tidak akan kami berikan. Pemprov Jabar akan fokus kepada yang belum mendapatkan kartu tersebut,” ucap Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Sate, Kamis (26/3/2020).

Nilai yang akan diberikan, lanjut Emil, Rp500 ribu yang tiga perempatnya berupa cash sementara sisanya akan diberikan menjadi sembako atau kebutuhan pokok lainnya.

“Di prediksi kita akan menghabiskan anggaran Rp5 triliun per bulannya. Dan ini bukan diberikan per orangan melainkan per kartu keluarga,” tegasnya.

Emil menyebut, anggaran disiapkan dari memangkas perjalanan dinas serta proyek yang tidak dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Sesuai dengan instruksi Presiden RI, Joko Widodo.

Akan tetapi, Emil pun menginstruksikan kepada kepala daerah di 27 kota/kabupaten agar menambah bantuan sesuai kemampuan.

“Jadi akan lebih dari anggaran yang provinsi kasih, dan di setiap daerah pun akan berbeda nominalnya karena sesuai kemampuan dari pemda tambahnya berapa,” tuturnya.

Bantuan akan diberikan selama dua bulan dan maksimal empat bulan. Setelah itu, bantuan Rp 13 triliun yang diberikan pusat kepada provinsi untuk membuat padat karya akan diserahkan kepada warga.

“Jadi mereka yang kehilangan pekerjaan karena wabah ini ga usah khawatir, karena pemerintah akan memberikan alternatifnya. Ditambah, saat ini sedang mencari investor untuk bisa masuk ke padat karya,” tutupnya.(Nida Khairiyyah/**)