Jangan Panik, Stok Beras Cianjur Aman Sampai Akhir Tahun

Cianjurekspres.net – Perum Bulog Sub Divre Cianjur memastikan stok persediaan beras aman hingga akhir tahun. Pihaknya ingin warga tetap tenang dan tidak usah panik dengan membeli persediaan berlebihan di tengah wabahnya Covid-19.

Kepala Perum Bulog Sub Divre Cianjur Rahmatullah mengatakan, enam wilayah yang termasuk dalam wilayah kerja Bulog Cianjur yakni Kabupaten Cianjur, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok dipastikan tidak sampai kehabisan stok selama pandemik virus Covid-19 ini.

“Jangan sampai panik dengan membeli persediaan berlebihan, karena kita pastikan enam wilayah ini aman stok persediaannya sampai akhir tahun,”katanya saat dihubungi cianjurekspres.net, Selasa (24/3/2020).

Berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan dan jajaran Kepolisian, pihaknya telah menggelar operasi pasar beberapa waktu lalu di Pasar Induk Cianjur.

Rahmat menuturkan, hal tersebut dilakukan agar warga merasa tenang bahwa stok beras Bulog tersedia cukup hingga akhir tahun.

“Kemarin sempat kita operasi pasar dengan dinas terkait dan kepolisian di Pasar Induk Cianjur, supaya masyarakat tidak terlalu khawatir juga,”tuturnya.

Selain beras, dikatakan Rahmat, Bulog juga melakukan operasi pasar minyak dan terigu.

Rahmat mengatakan, stok yang ada saat ini melebihi dari cukup terdiri dari beras medium dan premium.“Beras basmati dan fortifikasi juga ada,” katanya.

Terkait pendistribusian, pihaknya juga menerapkan standar operasional pencegahan virus Korona yakni dengan tetap menjaga jarak (social distancing) dan menjaga kebersihan.

“Dalam kegiatan operasi pasar juga kami tetap lakukan social distancing atau jaga jarak di tengah kerumunan orang. Kemudian saat pengantaran barang menggunakan masker dan hand sanitizer sebagai upaya pencegahan yang dianjurkan,”jelasnya.

Rahmat mengatakan, Bulog saat ini memaksimalkan sebaran Rumah Pangan Kita (RPK) dalam mendistribusikan produk lainnya.

“Saat ini di Cianjur ada 800 RPK, toko kelontong kecil yang bekerjasama dengan bulog, tempat pemasaran bulog,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Rahmat menegaskan, saat ini tak perlu belanja berlebihan karena belum ada retail besar tutup karena kekurangan stok.(Rida R Azizah/*)