Antisipasi Banjir, Siswa Bersihkan Sungai

0 169

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Sejumlah siswa SMPN 3 Campaka turun tangan melakukan aksi sosial membersihkan aliran Kali Tembok yang ada di Kampung Susukan RT 01/RW 04, Desa Susukan, Kecamatan Campaka dari berbagai sampah. Hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi terjadinya banjir di saat musim hujan.

Sepanjang 100 meter aliran Kali Tembok itu menjadi lokasi pembersihan sampah oleh para siswa, juga Pemerintah Desa (Pemdes) Susukan. Berbagai sampah seperti plastik, kain, serta bekas botol mineral mereka ambil, kemudian diangkut petugas DLH Kabupaten Cianjur ke TPAS Pasirsembung.

Kali Tembok yang melewati wilayah Desa Susukan itu, berhulu di Desa Salagedang, Kecamatan Cibeber, sedangkan muaranya di wilayah Kecamatan Cibeber.

Kepala SMPN Campaka 3, Tatah Jalaludin, menjelaskan, aksi tersebut untuk mewujudkan suasana lingkungan di sepanjang kali itu bersih dan rapi. Sehingga di saat hujan deras turun, di kali ini tidak lagi kebanjiran karena sampah.

“Ya lebih kurang 100 meter, Leuwi Tembok itu kami dijadikan untuk sasaran kegiatan ambil sampah. Tujuannya, supaya sungai di sini tetap terjaga dari kebersihan,” ujarnya kepada Cianjur Ekspres, belum lama ini.

Tatah berharap kalau aksi yang dilakukan ratusan siswanya itu mampu meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar untuk selalu menjaga kebersihan sungai.

“Yang pasti jika tak mau lagi kebanjiran, maka masyarakat harus sadar akan penanganan sampah,” kata dia.

Kepala Desa Susukan, Asep Saepul Huda mengatakan, kegiatan beriskan Kali Tembok dimaksud sebagai gerakan sosial guna merespons kondisi kali saat ini.

“Di Kali Tembok saat ini masih terdapat banayak sampah rumahan. Karenanya kami mengajak masyarakat untuk sadar hingga masyarakat itu tidak buang sampah ke kali,” katanya.(mg1/red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.