16 Ton Bawang Putih Dijual Murah di Cianjur

CIANJUR – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat menjual 16 ton bawang putih dengan harga Rp28 ribu/kg dalam Operasi Pasar Murah di Cianjur, Kamis (27/2/2020).

Pasar Induk Cianjur Pasirhayam dan Pasar Cipanas, menjadi dua lokasi target pasar murah dengan masing-masing mendapat jatah 8 ton bawang putih.

Ratusan warga yang berbelanja di kedua pasar tersebut pun langsung menyerbu operasi pasar murah bawang putih. Pasalnya, harga bawang putih di Cianjur saat ini berada di kisaran Rp60 ribu – Rp70 ribu/kg.

“Harga yang dijual memang sangat rendah, dengan harapan nanti bisa turut menekan harga di pasaran. Minimalnya harga berangsur turun,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Jabar, Eem Sujaemah kepada wartawan.

Diungkapkan Eem, stok 16 ton bawang putih yang disediakan untuk Cianjur merupakan jaringan dari Kawarang. Terdapat stok 151 ton lagi yang belum tersalurkan untuk didistribusikan dalam agenda pasar murah di setiap wilayah di Jawa Barat.

Eem menambahkan, pihaknya bersama satgas pangan akan terus memantau perkembangan harga bawang putih di pasaran.

“Belum ada penimbunan, tapi itu nanti ranahnya di Satgas Pangan dari kepolisian. Untuk saat ini kami fokus pada pendistribusian untuk menstabilkan harga,” pungkasnya.(rid/hyt)