Mahasiswa PJKR Unsur Ikuti Diklatsar Menwa

CIANJUR – Empat mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur ikuti Pendidikan dan Latihan dasar kemiliteran Resimen Mahasiswa Mahawarman Jawa Barat Gelombang 2 tahun anggaran 2019/2020.

Salah satu mahasiswa yang menjadi peserta, Adithyaa Nur Abu Aufa Munaf mengatakan, semua ilmu yang didapat diharapkan dapat dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pelaksanaannya kami semua mengikuti pendidikan selama dua minggu di Secapa Pangalengan Bandung terhitung mulai dari 30 Januari hingga 14 February 2020 . Upacara pembukaan dilaksanakan di Rindam III Siliwangi Bandung, dan upacara penutupan sekaligus pembaretan dilaksanakan di Rindam III Siliwangi Bandung yang langsung ditutup oleh Pangdam III Siliwangi,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, Selasa (25/2/2020).

Ia berharap semua ilmu yang didapatkan dapat dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi bekal atau pedoman bila ingin daftar TNI/Polri dan dapat memberikan yang terbaik kepada Satuan Universitas Suryakancana.

Ketua Prodi Pendidikan Jasmani, Ervan Kastrena mengaku sangat mengapresiasi kegiatan positif yang diikuti mahasiswa latihan dasar kemiliteran. Karena memiliki dampak yang positif yakni bisa membina dan membentuk generasi muda bangsa Indonesia yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil serta memiliki semangat dan kesadaran bela negara.

“Nilai-nilai itu sangat penting dikembangkan karena kelak menunjang kompetensi mahasiswa PJKR yang akan menjadi calon guru olahraga disekolah,” kata Ervan.

Ervan melanjutkan, tidak hanya karakter mereka juga dituntut belajar cara memberikan instruksi dan pertolongan pertama dilapangan.

“Saya berharap ilmu yang mereka dapat selama kurang lebih 3 minggu bisa mereka tularkan kepada teman-teman mahasiswa yang lain sehingga kompetensi lulusan PJKR Universitas Suryakancana semakin baik,” pungkasnya.(job3/sri/hyt)