Pilkades 2020, Plt Bupati Cianjur Imbau Calon Kades Siap Menang dan Kalah

CIANJUR – Plt. Bupati Cianjur Herman Suherman mengimbau para calon kepala desa untuk menjaga kondusifitas dan harus siap menang serta kalah. Hal tersebut ditegaskan Herman saat meninjai langsung pelaksanaan Pemilihan kepala Desa (Pilkades) serentak 2020 di beberapa titik TPS di Kabupaten Cianjur.

“Pilkades ini adalah pesta demokrasi, saya minta buat calon Kades untuk siap menang, siap kalah. Saya berharap calon yang menang tidak jumawa dan yang kalah tidak berkecil hati tetap bersama-sama membangun Cianjur,” kata Herman, saat meninjau pelaksanaan Pilkades di TPS 5 Kelurahan Limbangansari Kecamatan Cianjur, Minggu (23/3/2020).

Di TPS tersebut Herman juga turut berpartisipasi melakukan pencoblosan. Herman mengajak masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan Pilkades dengan mendatangi TPS di lingkungannya masing-masing.

“Untuk masyarakat silakan datang ke TPS gunakan hak pilih sesuai dengan hati nurani, pilih Kepala Desa yang akan bisa memajukan Desanya masing-masing. Satu suara pun akan berharga untuk pembangunan di desa masing-masing,” kata Herman.

Herman menjelaskan, Pilkades kali ini berbeda dengan Pilkades sebelumnya. Jumlah TPS di masing-masing desa bisa mencapai dua sampai tiga TPS tergantung jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Pelaksanaan Pilkades di Cianjur Insya Allah berjalan lancar. Sekarang di tiap Desa tidak hanya satu TPS, tapi ada yg dua atau tiga sesuai dengan jumlah pemilih di Desa itu. Kita buat supaya semakin dekat dengan masyarakat,” katanya.

Herman didampingi Dandim Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani, Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto, Kepala Kejari Cianjur Yudhi Syufriadi, dan OPD terkait terpantau meninjau lima lokasi TPS.

Lima lokasi TPS tersebut adalah TPS 5 Kelurahan Limbangansari Kecamatan Cianjur, TPS 3 Desa Ciherang Kecamatan Karang Tengah, TPS 5 Desa HegarmanahbKecamatan Sukaluyu, TPS 1 Desa Cibiuk Kecamatan Ciranjang, dan TPS 3 Desa Kertamukti Kecamatan Haurwangi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Ahmad Danial mengatakan ada 247 desa dari 546 desa di Cianjur yang melaksanaan Pilkades serentak. Daniaal menjelaskan anggaran Pilkades sententak ini berasal dari APBD Cianjur.

“Ada bantuan anggaran dari Pemkab Cianjur. Perdesa mendapat subsidi Rp20 juta ditambah Rp 5.000 per-DPT,” kata Ahmad Dannial.

Sementara itu untuk mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak di Cianjur, Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto mengatakan telah mengerahkan1025 pasukan gabungan yang berasal dari Polres, Polsek, dan BKLO Polda baik Brimob atau Sabara.

“Tidak ada daerah rawan di Cianjur tapi Polres tetap melakukan antisipasi. Terutama antisipasi bagi pendukung calon yang kalah,” kata Juang.(rls/hyt)