Bripners Bangun Musala SMPN 1 Pagelaran Cianjur

CIANJUR – Seluruh siswa dan siswi SMPN 1 Pagelaran, Kabupaten Cianjur tidak lama lagi bisa beribadah dengan nyaman seiring mulai dibangunnya musala dari hasil donatur para kepala sekolah dan guru yang tergabung dalam Baraya Rumah Islam Pendidik (Bripners).

Peletakan batu pertama pembangunan musala dilakukan langsung Penasehat Bripners, Jumati, Rabu (19/2/2020) disaksikan Kepala Sekolah SMPN 1 Pagelaran Didang Abdul Wadud serta para guru.

“Ini kedua kalinya setelah sebelumnya, kegiatan serupa dilakukan di SMPN 6 Cikalongkulon yang peletakan batu pertamanya oleh Plt Bupati Cianjur Herman Suherman,” kata Jumati.

Diungkapkannya, biaya pembangunan musala sebesar Rp35 juta tersebut bersumber dari partisipasi rekan-rekan anggota Bripners. Tujuannya tidak lain, untuk membantu sekolah yang belum memiliki sarana ibadah.

“Jumlah SMP di Cianjur kurang lebih 350 unit, tetapi 99 sekolah belum memiliki tempat ibadah. Sehingga teman-teman di Bripners berinisiatif mengumpulkan dana secara swadaya untuk menghadirkan musala di SMP,” tandas Jumati.

Menurutnya, musala yang dibangun di SMPN 6 Cikalongkulon dan SMPN 1 Pagelaran modelnya seragam serta ukurannya sekitar 7×8 meter.

Sementara itu Kepala SMPN 1 Pagelaran, Didang Abdul Wadud mengaku sangat berterimakasih dengan kepedulian seluruh rekan-rekan guru dan kepala sekolah yang tergabung dalam Bripners yang memberikan dana stimulan pembangunan musala senilai Rp35 juta.

“Sangat bermanfaat, kita ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang sudah bersodaqoh. Bukan hanya perkataan saja, tetapi langsung memberikan dana,” katanya kepada wartawan.

Didang menjelaskan, keberadaan musala tersebut nantinya sangat mendukung program pendidikan karakter siswa dan siswi SMPN 1 Pagelaran. Terlebih saat ini proses kegiatan belajar mengajar satu hari penuh (full day school).

“Karena bantuan ini, para alumni dan orangtua siswa ada yang memberi bantuan berupa material bangunan seperti batu granit dan kayu,” pungkasnya.(adv/hyt/sri)