Dana BOS Cianjur Dievaluasi

CIANJUR – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) tengah melakukan rekonsiliasi dan evaluasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMP Sub Rayon 04 Cianjur tahun 2019.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdikbud Kabupaten Cianjur, Cupi Kanigara mengatakan, rekonsiliasi dan evaluasi dana BOS dilakukan dalam rangka meningkatkan capaian kerja pemanfaatan BOS SMP di Kabupaten Cianjur.

“Tujuannya untuk meningkatkan sekolah dalam pengadministrasian BOS, meminimalisir penyalahgunaan BOS, memperlancar kegiatan di sekolah, dan meningkatkan pelayanan,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, belum lama ini.

Cupi melanjutkan, giat tersebut dilaksanakan dimulai pada 3-6 Februari 2020 di wil sub rayon 5-8 Cianjur selatan, dilanjut pada 10-13 di wil sub rayon 1-4 Cianjur utara.

“Giat langsung dihadiri oleh kadis dan sekdis serta tim rekon Disdik, serta diikuti oleh 361 SMP yang diwakili oleh kepala sekolah dan bendahara. Adapun instrumen rekonsiliasi berupa pengecekan RAKS, buku beserta bukti SPJ serta rekening koran triwulan 1-4,” ucapnya.

Cupi menjelaskan, disamping giat rekon dan evaluasi yang akan dilaksanakan secara periodik 3 kali dalam 1 tahun, dinas pun akan melakukan bintek bagi para bendahara BOS yang akan dilaksanakan pada pertengahan Mei 2020.

“Dampak yang diharapkan dari giat tersebut tentunya dapat meningkatkan kualitas anak lulusan SMP disamping tentunya Angka Partisipasi Kasar (APK dan Angka Partispasi Murni (APM) SMP dapat meningkat secara signifikan,” ujarnya. (job3/sri/hyt)