Sepekan Pindah ke Cilaku, Pegawai Setda Cianjur Alami Hal Ini

CIANJUR – Sepekan sudah Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Cianjur pindah ke Gedung Komunitas Akademi Negeri (Aknec) di Pasir Sembung, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku setelah sebelumnya menempati bangunan bekas SMAN 2.

Selama kurun waktu tersebut, muncul beragam cerita seperti harus merasakan bau tidak sedap dari Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Pasir Sembung, ketersediaan air bersih yang minim hingga jaraknya yang jauh dan tidak strategis.

Meski demikian, Kasubag Humas Pemberitaan dan Dokumentasi Setda Cianjur, Dudah Hamidah menegaskan kondisi kantor baru sementara tersebut masih nyaman dibandingkan dengan kantor yang dulu ditempatkan di SMAN 2 Cianjur.

“Kurang lebih kita sudah seminggu disini, dulu sempat pindah sementara juga di SMAN 2 Cianjur, sekarang disini, bekas Aknec,” tutur Dudah kepada cianjurekspres.net, Jumat (14/2/2020).

Namun menurutnya, sehari menempati kantor baru tersebut, para pegawai mengeluhkan akan baunya sampah yang menyengat, karena bersebelahan dengan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Pasir Sembung.

“Kalau awal-awal dulu sempet gak nyaman karena bau sampah yang menyengat, ini kan bersebelahan banget sama TPA Pasir Sembung, semua pegawai memakai masker, tapi kalau situasinya lagi hujan, gak terlalu bau,” ujarnya.

Selain itu, kata Dudah, ketersediaan air menjadi keluhan karena pegawai lebih banyak. Kemudian akses jalan yang jauh, sebab pegawai sering mengalami kemacetan menuju kantor.

“Ini sih airnya kurang, mungkin karena kalau dulu pegawainya sedikit, sekarang lebih banyak, jadi menyesuaikan kebutuhannya gitu. Tapi sudah kami usulkan dan akan ditangani,” jelasnya.

Dudah menambahkan, keadaan kantor baru tersebut tidak begitu ramai, dan perlu penambahan petugas keamanan juga petugas kebersihan.

“Disini gak seramai kantor yang di Pendopo, karena bukan tempat yang strategis juga ya, tapi kemarin baru ada kantin. Terus kita juga perlu petugas keamanan dan kebersihan, saat ini kan baru dari umum saja yang dulu,” katanya.

Diungkapkannya, terdapat sembilan kantor bagian yang ikut pindah di lokasi Setda Cianjur di Cilaku. Diantaranya, Bagian Umum Keuangan, Bagian Organisasi, Bagian Hukum, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Bagian Pembangunan, Bagian Perekonomian dan Investasi, Bagian Kesejahteraan Rakyat, Bagian Humas dan Keprotokolan serta Bagian Pemerintahan.

“Kepada warga Cianjur yang akan berkepentingan dengan kesembilan bagian tersebut untuk datang ke Gedung Aknec di Pasir Sembung Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku. Gedung tersebut jaraknya sekitar dua kilometer dari komplek Pemkab Cianjur,” imbau Dudah.

Jika renovasi gedung lama di Pendopo Cianjur selesai, Dudah mengatakan semua kantor bagian dipastikan pindah kembali untuk mempermudah pelayanan.(rid/hyt)