Prioritaskan Jalur Puncak II, Herman-Ade Yasin Akrab di Kopdar Jabar

CIANJUR – Pembangunan Jalur Puncak II jadi program prioritas yang diajukan oleh Plt. Bupati Cianjur Herman Suherman untuk mendapat dukungan Provinsi Jawa Barat.

Pengajuan ini disampaikan langsung di depan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada acara Komunikasi Pembangunan Daerah (KOPDAR) Jawa Barat di Istora Jatiluhur, Purwakarta, Kamis (13/2/2020).

“Pembangunan Jalur Puncak II jadi program paling prioritas dari Cianjur. Angka yang dibutuhkan seluruhnya mencapai Rp587 miliar, untuk pembangunan jalan baru dan perbaikan jalan existing,” kata Herman.

Menurut Herman, Pemerintah Kabupaten Cianjur telah menyiapkan anggaran sekitar Rp12 miliar yang difokuskan untuk perbaikan jalan existing. Sementara untuk pelebaran jalan dan pembangunan jalan baru, memang perlu dukungan dari pemerintah pusat dan provinsi.

“Kami juga sudah menjalin komunikasi dan mendapat support dari pemerintah pusat. Melalui Kementerian Agraria/Badan Pertanahan Negara (BPN) sudah ada pembicaraan soal pembebasan lahan untuk lebar jalan hingga 30 meter,” katanya.

Orang nomor satu Cianjur itu memproyeksikan Jalur Puncak II dapat mendorong kembali potensi pariwisata di Cianjur bagian utara. Selain itu, jalur ini bisa jadi alternatif solusi masalah kemacetan di Puncak yang tak pernah selesai.

Selain pembangunan Jalur Puncak II, Herman juga memaparkan empat program prioritas lain dari Kabupaten Cianjur. Program tersebut adalah Pembangunan Lapangan Badak Putih, Pembangunan Gedung Kebudayaan Cianjur, Pembangunan Sirkuit Cilaku, dan Pembangunan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Kopdar Jabar pertama di tahun 2020 ini mengambil tema Penegakan dan Pengawasan Pembangunan Daerah. Acara rutin Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat ini dihadiri 27 Kepala Daerah se-Jawa Barat.

Terlihat Akrab dengan Ketua PPP Jabar

Di sela-sela kegiatan Kopdar,  Herman terlihat berbincang cukup lama dengan Bupati Bogor yang juga Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Barat Ade Munawaroh Yasin.

Ketika dikonfirmasi apakah isi pembicaraan ya terkait pencalonan di Cianjur, Herman menjawab,  “Iya sempat bahas sedikit soal politik hahaha tapi lebih banyak pembahasan soal Jalur Puncak II,”.

Seperti diketahui, Herman telah intens melakukan konsolidasi dengan beberapa partai menjelang perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Cianjur 2020.

Dalam berbagai kesempatan, tiga partai yakni PDI-Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN) Cianjur sudah terlihat cukup solid berada di belakang pencalonan Herman.(rls/hyt)