Meski Sederhana, Pawai Barongsai Meriahkan Cap Go Meh di Cianjur

CIANJUR – Perayaan Cap Go Meh 2020 di Cianjur berlangsung sederhana. Meski demikian ratusan orang tumpah ruah di sepanjang jalan menyambut pawai kebudayaan untuk memeriahkan perayaan hari terakhir di Tahun Baru Imlek.

Berpusat di Vihara Bumi Pharsjia Jalan Mangunsarkoro, Selasa (11/2/2020) perayaan Cap Go Meh digelar sejak pukul 16.58 Wib sampai 22.15 Wib.

Pantauan cianjurekspres.net, berbagai macam jenis barongsai dan liong mengelilingi jalanan.

Warga terlihat antusias menyambut pawai tersebut dan mengabadikan parade barongsai yang tengah berlangsung dimulai dari Toko Lily hingga berpusat di Vihara Bumi Pharsjia.

Ketua panitia penyelenggara, Lukas Santoso, mengatakan perayaan Cap Go Meh tahun ini dilaksanakan sederhana saja dengan mengusung tema “Kebersamaan Budaya NKRI”.

“Harusnya sih biasanya 15 hari setelah Imlek kita merayakan Cap Go Meh, tapi ini hari ke 18 ya, tapi kita laksanakan secara sederhana saja, yang penting temanya membersamai kebudayaan NKRI, artinya tetap bersama di tengah banyaknya budaya dan suku bangsa di Indonesia ini,” ujarnya kepada wartawan.

Lukas menjelaskan Perayaan Cap Go Meh  diisi oleh barongsai, liong, serta pawai kebudayaan lainnya. Dikatakannya, beda dengan tahun sebelumnya yang menghadirkan Pemkab untuk ikut serta, namun kali ini berlangsung sangat sederhana.

“Kalau tahun-tahun sebelumnya kita kan banyak koordinasi dengan pemerintah, tapi karena ini perayaannya sederhana saja jadi kami hanya koordinasi terkait pengamanan dengan Polres Cianjur, yang penting lancar dan kondusif,”tuturnya.

Beberapa atraksi barongsai dilakukan oleh persatuan liong barongsai dari Cianjur maupun luar Cianjur seperti, Bogor, dan Sukabumi.

Salah seorang anggota dari komunitas liong barongsai, Singa Langit Cianjur, Refa Fiselsa, mengaku sudah mempersiapkan untuk Cap Go Meh tersebut selama dua minggu setelah Tahun Baru Imlek.

“Dari semenjak dimintain buat ngisi pawai liong barongsai kita udah latihan dan persiapan kurang lebih dua minggu setelah Imlek kemarin,”kata dia.

Refa bersama anggota Singa Langit Cianjur ini sudah terlebih dahulu mengisi pawai liong barongsai di kota lain seperti Bogor dan Sukabumi. Selanjutnya, Singa Langit Cianjur ini akan mengisi acara Cap Go Meh di Purwakarta.

“Sebelum di Cianjur kemarin di Bogor dan Sukabumi, nanti tanggal 14 Februari di Purwakarta. Mudah-mudahan sekarang berjalan lancar untuk Cianjur, dan akan lebih meriah lagi tahun selanjutnya,” harapnya.(rid/hyt)