Warga Was-was, Lampu PJU Jalan Suroso Dua Kali Jatuh Timpa Kendaraan

CIANJUR – Keberadaan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang Jalan Suroso, Kelurahan Solokpandan, Kecamatan/Kabupaten Cianjur membuat was-was pejalan kaki dan pengguna kendaraan yang memarkir kendaraannya.

Pasalnya, sudah dua lampu yang jatuh ke jalanan dan menimpa kendaraan yang terparkir di bawahnya.

“Kemarin sekitar pukul 5 sore baru jatuh lampu yang sebelah warung saya ini, menimpa motor yang parkir disitu, tapi untung tidak sampai kenapa-kenapa,”kata salah seorang saksi mata, Sadam Sumarsudi (41) warga Jl. Suroso Kelurahan Solokpandan, Selasa (11/2/2020).

Menurutnya, berdasarkan informasi dari warga sekitar jatuhnya lampu akibat angin tersebut merupakan kejadian yang kedua kalinya.

“Terus juga dua mingguan kemarin lampu jatuh menimpa mobil, tapi ya alhamdulillah tidak ada korban juga, tapi ya sekarang jadi khawatir buat pejalan kaki, sudah banyak lampu lainnya yang goyang-goyang,” ujar Sadam.

Ia menuturkan, usai kejadian tersebut warga langsung menghubungi pihak Dinas Perhubungan Cianjur agar jalanan segera dibersihkan dari pecahan-pecahan lampu yang terjatuh.

Kini terlihat hanya tersisa satu lampu pada setiap tiangnya, karena pada setiap tiangnya memiliki dua lampu kiri dan kanan.

Sementara itu warga lainnya, Nina Khairunnisa (27) mengaku khawatir akan adanya kondisi seperti itu, sebab ia sering melewati jalanan tersebut, dan lampu-lampu lainnya terlihat mulai longgar dan bergoyang-goyang setiap ada angin.

“Saya kan kalau pulang kerja sore pasti lewat sini, rumah saya gak jauh darisini, jadi was-was ke kitanya, lihat lampu-lampunya goyang-goyang gitu, apalagi kemarin udah ada yang jatuh,” katanya.

Nina berharap ada penanganan langsung dari Pemerintah agar tidak membahayakan warga sekitar. Dirinya pun mengaku memilih menghindar untuk jalan kaki di sekitaran lampu-lampu yang bergoyang.

“Harusnya dicek langsung oleh Pemerintah, takutnya jadi banyak lampu yang berjatuhan, sekarang apalagi musim hujan, anginnya kencang-kencang. Saya juga udah takut dan ga lewat jalan situ,”imbuhnya.

Salah seorang petugas parkir, Asep Sunandar (56) meminta para pengendara agar tidak parkir di bawah lampu yang terlihat bergoyang. Hal tersebut sebagai bentuk antisipasinya agar tidak ada lagi kendaraan yang tertimpa lampu.

“Kalau ada yang mau parkir disini, kalau kelihatan lampunya goyang-goyang saya arahin buat pindah. Kemarin juga ada yang parkir disitu, saya suruh pindah, karena khawatir, musibah gak ada yang tahu, kemarin juga kan sudah dua kendaraan yang tertimpa,” tuturnya.(rid/hyt)