Menanti Operasional Bus Tauco di Cianjur

CIANJUR – Kendaraan Tour Wisata On Bus Cianjur (Tauco) hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sampai saat belum beroperasi secara optimal. Bahkan bus wisata tersebut masih tersimpan di sebuah garasi di daerah Cipeuyeum di bawah naungan Organisasi Angkutan Daerah (Organda).

“Belum tahu pasti kapan, karena ketua umum dari Organda masih belum bisa membahas, beliau sibuk. Tapi busnya sekarang masih tersimpan di garasi di Cipeyeum,” ungkap Bendahara Organda Cianjur, Suhernawan saat dikonfirmasi cianjurekspres.net, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, bus bantuan Pemprov tersebut masih dalam tahap uji kelayakan dan pertimbangan pemeliharaannya.

“Saya juga inginnya cepat terealisasi (beroperasi), tapi belum ada tanggapan dari ketua, karena ada di bawah kendali beliau. Terus mungkin juga masih mempertimbangkan pemeliharaannya, karena pasti kita harus siapkan mulai dari sopirnya, gaji sopirnya, tarif harga, titik kunjungan, hingga pemandu wisatanya,” jelas Suhernawan.

Diungkapkannya, bus Tauco tersebut sudah pernah dipinjam dan dicoba oleh beberapa pihak seperti Polres Cianjur dan Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Cianjur beberapa waktu lalu.

“Sempat dipinjam oleh Polres Cianjur, terus juga dipakai pada acara HJC (Hari Jadi Cianjur) oleh Disparpora, mudah-mudaham bisa segera dipakai untuk pengunjung dan warga Cianjur, karena sayapun masih menunggu keputusan dari ketua,” katanya

Sementara itu pihak Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Cianjur, menantikan koordinasi dengan Dinas Perhubungan terkait pengelolaan dan pemeliharaan bus Tauco.

Sekretaris Dinas Disparpora, Enung Sri Hayati mengaku pihaknya siap memberikan teknis dan arahan terkait titik kunjungan serta memberikan panduan wisata sepanjang jalan Cianjur.

“Kita sangat menunggu karena sudah harus bisa berkoordinasi dengan dinas pariwisata, nanti kita arahkan titik-titik pemberhentian destinasi wisatanya,” katanya kepada cianjureskpres.net, Senin (10/2/2020).

Ia mengatakan, titik destinasi wisata yang akan direkomendasikan adalah mulai dari Alun-Alun Mesjid Agung Cianjur sampai ke tujuan terakhir, Wisata Kampung Pandan Wangi.

“Startnya mulai dari Taman Alun-Alun Mesjid Agung Cianjur, lalu bisa ke Taman Prawatasari, keliling dulu Cianjur ya, nanti bisa diarahkan juga ke daerah pusat oleh-oleh Cianjur hingga ke Wisata Kampung Pandan Wangi,” tuturnya.

Enung menjelaskan pihaknya sudah pernah melaksanakan rapat untuk pembahasan hal itu, namun saat ini Bus Tauco tersebut masih dalam pertimbangan pengelolaannya.

“Sudah pernah kita bahas dan kita rapatkan,tapi mungkin dari Dishub sedang mempertimbangkan yang lainnya, jadi masih dipending, harusnya secepatnya udah bisa beroperasi bus Tauconya,” ungkapnya.

“Waktu HUT Cianjur itu yang ke 342 kita gunakan pada hari festivalnya. Jadi kalau acara-acara besar seperti itu ya pasti kita gunakan, karena bus bantuan Pemprov itu kan menjadi suatu daya tarik wisatawan Cianjur maupun luar Cianjur. Sehingga ketika nanti sudah beroperasi, pasti banyak partisipsi masyarakatnya yang ingin berkeliling ke sejumlah tempat wisata Cianjur untuk city tour dengan menggunakan bus Tauco itu,” sambung Enung.(rid/hyt)