Pramuka Latih Jiwa Kepemimpinan

0 120

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Bidang kepramukaan menjadi program unggulan di SDN Pasirhayam. Hal itu untuk menciptakan para siswa menjadi seorang pemimpin atau dipimpin yang disiplin.

Pembina Pramuka SDN Pasirhayam, Irman Budiman, mengatakan, pramuka juga untuk melatih kemadirian, kedisiplinan, dan karakter-karakter untuk ditanamkan oleh siswa ketika kembali ke masyarakat. Maka, dengan unggulnya kepramukaan di SDN Pasirhayam, diharapkan para siswa mampu menjadi siswa yang unggul dan terhindar dari berbagai kegiatan yang negatif.

“Mudah-mudahan anak-anak kami yang ikut pramuka bisa menjadi anak yang berguna bagi Nusa, bangsa, agama, dan keluaganya. Jangan sampai generasi kita ini hancur gara-gara tidak ada kegiatan yang positif. Dan dengan adanya kepramukaan ini mereka bisa terhindar dari hal-hal yang negatif,” kata dia.

Jadi, tegas dia, untuk siswa yang sudah menjiwai pramuka tidak akan aneh lagi ketika bersosialisasi dengan masyarakat, karena kegiatan sosial itu selalu ada di pramuka. “Pasti akan mereka alami di kehidupan sehari-hari. Kepemimpinan mereka akan terasa apabila dalam baris berbaris itu ada rasa siap memimpin dan siap dipimpin,” ungkapnya.

Di sisi lain, kata dia, pada 2017 kemarin SDN Pasirhayam pernah menjadi juara umum lomba penggalang di Kwartir Cabang (Kwarcab) Cianjur. “Untuk pramuka alhamdulillah di tahun 2017 kemarin kami mendapatkan juara umum lomba Penggalang Kwarcab Cianjur, dan insyaallah prestasi tersebut akan tetap kami pertahankan,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, kemarin (1/8).

Irman melanjutkan, untuk siswa yang masuk ke penggalang saat ini ada dua pasukan. Di antaranya pasukan putra dan putri. Setiap pasukan jumlah pesertanya sebanyak 32 peserta. Latihan rutinan dilakukan setiap Jumat pada pukul 13.30 Wib sampai pukul 15.30 Wib. “Siswa yang mau masuk ke penggalang saat ini sangat banyak, ada sekitar 50 siswa. Untuk total semuanya ada sekitar seratus lebihan,” kata Irman.(job3/red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.