Pertama Kali di MotoGP Kakak-Adik Satu Tim

JAKARTA – Sirkuit Sepang, Malaysia bakal jadi tempat persiapan tes shakedown MotoGP 2020 pada 2-4 Februari. Adapun sesi tes pra-musim berlangsung pada 7-9 Februari di tempat yang sama.

Saat ini, tercatat total sebelas tim dan 22 pebalap sedang bersiap menatap musim baru yang dimulai dengan lomba di Sirkuit Losail, Qatar pada 8 Maret 2020.

Dilansir dari fin.co.id, pada musim ini nampak tidak banyak perubahan pada komposisi pebalap. Mengingat, mayoritas pebalap mengantongi kontrak sampai penghujung MotoGP 2020.

Namun, operasi perpindahan pebalap paling mengejutkan tertuju pada Alex Marquez yang mengisi pos Jorge Lorenzo di Repsol Honda. seperti diketahui, Lorenzo memutuskan pensiun akhir tahun 2019.

Artinya, Repsol Honda bakal memiliki komposisi pebalap kakak-adik Marc Marquez dan Alex. Ini kali pertama pada era MotoGP, ada pebalap kakak-adik dalam satu tim.

Perubahan juga terjadi di kubu KTM. Kursi tim pabrikan tim Red Bull KTM Factory Racing menjadi milik rider Moto2, Brad Binder.

Lalu selain Alex dan Binder, ada satu rookie atau debutan lainnya di MotoGP 2020. Adalah Iker Lecuona yang menggantikan Hafizh Syahrin di tim satelit Red Bull KTM Tech 3. Alhasil ada tiga pebalap rookie di MotoGP musim ini.

Baru dapat kursi pada momen akhir dirasakan eks pebalap KTM, Johann Zarco. Usai sesi tes di Sirkuit Valencia, akhir November lalu, ia dikontrak tim satelit Ducati, Avintia sebagai pengganti Karel Abraham.

Padahal, sebelumnya Zarco terancam gagal dapat kursi di MotoGP 2020. Zarco sendiri, telah mengakhiri kariernya bersama KTM pada pertengahan musim 2019. (der/fin/hyt)