Siswa Wajib Belajar Safinah Jurumiyah

0 78

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – MTs Al-Muawanah mewajibkan siswanya belajar Kitab Safinah, Jurumiyah, dan baca tulis Alquran. Tujuannya agar para siswa lebih cepat dan fasih dalam membaca Alquran.

Guru Mapel Safinah dan Jurumiyah, M Ruli Dimyati mengatakan, MTs Al-Muawanah merupaka sekolah yang mengadakan mata pelajaran Safinah dan Jurumiyah di setiap kelas, dengan tujuan untuk mengenalkan kitab kuning kepada para siswa.

“Tujuannya memang untuk membantu anak supaya mereka bisa tahu pembelajaran kitab kuning seperti apa. Karena setidaknya mereka mengenal apa itu yang disebut kitab kuning, meskipun dalam pembelajaran anak masih banyak yang perlu dibantu. Tapi minimal anak itu tahu apa yang disebut safinah dan jurumiyah,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, kemarin (31/7).

Metode pembelajaran kitab kuning di MTs Al-Muawanah, para sisa diajarkan langsung menulis dan membaca. Untuk lebih lancar, setiap siswa dites untuk menulis tulisan Arab di white boar.

“Para siswa ada yang sudah lancar karena mereka mondok juga, tetapi ada juga yang tidak lancar karena memang mereka tidak mondok di pesantren. Dan itu memang sebuah tantangan bagi saya supaya anak bisa lancar. Bilamana anak sudah bisa lancar membaca kitab kuning, insyaallah untuk baca Alquran pun akan lebih lancar,” kata Ruli.

Dengan adanya pelajaran kitab kuning di MTs Al-Muawanah, Ruli berharap para siswanya bisa dengan lancar membaca Alquran.

“Mudah-mudahan setelah keluar dari sekolah, para siswa kami bisa membaca kitab kuning dengan lancar. Setidaknya mereka sudah mengenal, dan ketika lulus dari sekolah ada yang mengatakan belajar safinah jurumiyah, oh saya pun pernah belajar di MTs Al-Muawanah ini,” katanya.(job3/red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.