Pilkada Cianjur, Gerindra-PDIP Jajaki Koalisi

Peluang Usung Herman Kembali Terbuka

CIANJUR – Peluang Plt Bupati Cianjur Herman Suherman untuk diusung Gerindra di Pilkada 2020, nampaknya masih terbuka. Hal ini seiring pertemuan yang dilakukan partai besutan Prabowo Subianto itu dengan pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cianjur, Sabtu (25/1/2020) lalu.

Terlebih pertemuan tersebut dihadiri Pengurus Partai Gerindra mulai dari DPP, DPC, sampai Fraksi DPRD Kabupaten Cianjur.

Kedatangan pengurus Partai Gerindra pusat dan daerah ini dalam rangka rekonsiliasi tingkat daerah sekaligus penjajakan koalisi menjelang Pilkada Cianjur 2020.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Cianjur, Dedi Kosim atau yang akrab disapa Abah Geboy mengatakan, tujuannya datang silaturahmi untuk membangun komunikasi politik ke depan.

Meski demikian Abah Geboy mengatakan, masih terlalu dini untuk mengatakan calon Bupati nya dari PDIP atau Gerindra. “Masih panjang, hari ini hari baik dalam rangka silaturahmi saja dulu” ujarnya.

Sedangkan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cianjur, Susilawati mengatakan kedatangan Partai Gerindra merupakan sebuah kehormatan bagi PDIP, karena berniat menjalin hubungan baik terutama menjelang Pilkada 2020.

“Kami sudah sampaikan di pertemuan, bahwa dari kami ada kader yang maju dan beberapa bakal calon lainnya sudah mengikuti mekanisme, kami sudah sampaikan dan mungkin akan diterjemahkan oleh Partai Gerindra mengenai penjelasan dari kami,” ujar Susilawati di Kantor DPC PDI Perjuangan.

Baca Juga: Bakal Usung Petahana di Pilkada 2020, Ono Surono: Herman Suherman Kader PDIP

“Kami juga sudah menyampaikan bahwa bakal calon yang diajukan ke pusat dan menunggu rekomendasi di antaranya ada petahana, Haji Herman Suherman,” sambung Susi.

Susi menambahkan, penjajakan koalisi ini bukan semata-mata untuk memenangkan kekuasaan tapi juga memberikan edukasi politik bagi rakyat dalam menentukan pemimpinnya dengan cara terhormat dan bermartabat.

Sekretaris PDI Perjuangan, Dadang Suratmo juga menyambut baik kedatangan Partai Gerindra. Apalagi pada pilkada sebelumnya PDIP juga berkoalisi dengan Gerindra, “Kemungkinan terulang bisa saja,” kata Dadang.

Sementara itu Ketua Bappda Partai Gerindra Kabupaten Cianjur, Asep Ruhiat mengatakan ada respons baik dari PDI Perjuangan dalam komunikasi politik menjelang Pilkada Cianjur 2020.

Mengenai kemungkinan mengusung Herman, Asep Ruhiat menjawab mungkin saja, jika koalisinya dengan PDIP. Namun ia menegaskan pembicaraan belum sampai ke figur, baru kelembagaan saling menjajaki untuk berkoalisi.(rls/hyt)