Buah Takokak Jadi Aneka Kerupuk

 

CIANJUR – Kreativitas menarik diperlihatkan Asep Purnama, siswa kelas XII SMKN 1 Takokak dalam mengolah buah Takokak menjadi kerupuk mentah.

Asep menyebut, tak hanya kerupuk mentah yang bisa ia olah melainkan kerupuk takokak balado, cilok jepret goreng, dan cilok krispi yang siap disantap.

“Olahan saya ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, karena mampu menurunkan kolestrol, darah tinggi dan manfaat lainnya,” ujar Asep kepada Cianjur Ekspres melalui telepon selular, Minggu (26/1/2020).

Ia bercerita, inspirasi awalnya dari kerupuk tangkil. Bahan dasar yang ia gunakan pun hanya buah takokak, tapioka terigu, dan penyedap rasa.

Rencananya, lanjut Asep, untuk pemasaran masih ke warung-warung. Dan dalam waktu dekat ia menargetkan untuk ke minimarket dan supermarket di wilayah Takokak.

“Saya berharap bahwa makanan yang saya olah ini bisa dinela oleh masyarakat, bisa dikonsumsi oleh semua usia. Untuk  itu saya akan terus berinovasi menciptakan berbagai jenis makanan  berbahan dasar buah takokak,” pungkasnya.(job3/nik)