Plt Bupati Cianjur Keluarkan Surat Edaran Kurangi Penggunaan Plastik

CIANJUR – Plt Bupati Cianjur Herman Suherman mengeluarkan surat edaran tentang pengurangan penggunaan plastik di Cianjur.

Surat edaran ini ditujukan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah, Camat, Desa/Kelurahan, TNI, Polri, Lembaga Negara, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, Perusahaan-Perusahaan Swasta, Lembaga Masyarakat, dan Komunitas Peduli Lingkungan.

“Kita ingin memulai gerakan mengurangi penggunaan plastik di Cianjur” kata Herman seperti yang tertulis di akun instagram pribadinya @h.hermansuherman, Rabu (22/1/2020).

Herman mengatakan bencana alam yang belakangan ini terjadi di Cianjur dan wilayah Indonesia lainnya adalah bukti nyata terjadinya global warming.

“Oleh karena itu kami melakukan upaya pencegahan salah satunya dengan mengeluarkan surat edaran pengurangan penggunaan plastik ini,” katanya.

Dalam surat edaran bernomor 660.01/DLH/2020 ini, diimbau untuk melaksanakan kegiatan pengurangan penggunaan plastik pada setiap pelaksanaan Rapat Koordinasi/Sosiliasi/Pelatihan dan sejenis di gedung maupun hotel.

Herman berharap, dalam setiap kegiatan tersebut hidangan rapat (snack, makan, dan minum) yang tidak menggunakan pembungkus/kemasan dan tutup plastik. Disarankan menggunakan bahan organik atau bahan yang mudah terurai seperti daun atau kertas. Sedangkan untuk jamuan minum diminta untuk menyediakan cangkir-cangkir beserta sajian teh dan kopi produk lokal cianjur.

Selain itu, Herman juga mengimbau setiap kantin-kantin di kantor dan sekolah untuk tidak menjual makanan berkemasan plastik. Setiap toko/minimarket/supermarket juga dihimbau untuk tidak menyediakan plastik belanja dan diganti dengan tas pakai ulang (reusable bag) atau kemasan dengan bahan organik/bahan yang mudah terurai.

Herman mengajak kepada seluruh masyarakat Cianjur untuk ikut terlibat dalam gerakan ini.

“Kami juga menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat Cianjur untuk ikut dalam gerakan ini mulai mengurangi penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari. Misalnya ke minimarket bawa tas belanja sendiri yang bukan plastik, membawa tumblr atau tempat air minum ke mana-mana,” ujar Herman.

Dengan demikian tegas Herman, masyarakat Cianjur bisa berkontribusi dalam menyelamatkan lingkungan.(rls/hyt)