Herman Imbau Warga tak Mampu Bikin e-KTP

Sebagai Syarat Menerima BPNT

CIANJUR – Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mengimbau warganya untuk membua e-KTP, khususnya bagi yang tidak mampu.

Pasalnya, Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) akan diberikan bagi yang terdaftar pada aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG), salah satu syarat kelengkapannya ialah e-KTP.

“Masih banyaknya yang tidak punya KTP elektronik, jadi tidak masuk program SIKS-NG. Untuk itu kami imbau agar program bantuan dapat tersalurkan kepada semua warga yang tidak mampu,” ucap Herman usai menggelar sosialisasi di Kecamatan Sukaluyu, Kamis (16/1/2020).

Hal tersebut dianggap menjadi hambatan baginya. Sebab, ia berharap program bantuan dapat tersalurkan kepada semua masyarakat tidak mampu guna menyejahterakan warga Kabupaten Cianjur.

“Ini supaya program bantuannya tersalurkan ke semuanya, sehingga tidak ada hambatan bagi kami untuk terus berupaya mensejahterakan lagi warga Kabupaten Cianjur,”jelasnya.

Menurut Herman, data kemiskinan yang telah diverifikasi dan divalidasi aplikasi SIKS-NG akan ditetapkan oleh menteri sosial sebagai data terpadu yang dapat dipergunakan oleh kementerian/lembaga penanganan kemiskinan.

Sebagai informasi, kelengkapan data prasyarat seperti e-KTP, KK dan sebagainya dapat menentukan ketepatan sasaran pada program-program tersebut.

Hal tersebut, lanjutnya, menjadi yang sangat penting dalam percepatan penanganan kemiskinan, sehingga perlu didukung dengan data yang akurat. Terus diperbarui setiap saat, dan terintegrasi secara data terpadu.

“Segera buat e-KTPnya agar datanya akurat. Program tersalurkan kepada semua warga yang membutuhkan. Sehingga tidak ada lagi hambatannya,”pungkasnya.(rid/nik)