Tanamkan Disiplin Berlalu Lintas, Polres Cianjur Gelar Lomba Pocil 2020

CIANJUR – Polres Cianjur terus berupaya menanamkan disiplin berlalu lintas sejak dini. Salah satunya dengan menggelar lomba Polisi Cilik (Pocil) 2020 yang diikuti 960 peserta dari 32 Kecamatan se-Kabupaten Cianjur, Senin (13/1/2020).

“Di awal tahun 2020 ini, kami ingin menanamkan budaya disiplin, kerja keras, semangat tinggi lewat perlombaan ini, sasarannya Pocil yang ada di desa-desa Cianjur, karena yang kota sudah diadakan pembinaan,” kata Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi Priyanto.

Menurutnya, penanaman karakter sendiri memang tidak mudah, selain peran serta dari orang tua, juga merupakan tugas kepolisian untuk membina generasi penerus ini lewat perlombaan Pocil.

“Total ada 960an siswa/i dari 32 kecamatan. Dari setiap kecamatan ini kita ambil perwakilan 30 siswa,” jelas Kapolres.

Sementara, Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Ricky Adhipratama menjelaskan, salah satu tujuan diadakannya lomba Pocil tersebut adalah memperkenalkan kepada anak-anak mengenai tugas-tugas Polisi, salah satunya pengetahuan tentang tata tertib lalu lintas. Di samping itu, ini sebagai upaya menghilangkan stigma bahwa Polisi itu menakutkan.

“Lewat perlombaan ini kami bekali wawasan yang sifatnya tentang kepolisian, salah satunya juga dengan tata tertib lalu lintas. Lalu diharapkan sudah tidak ada lagi stigma bahwa Polisi itu menakutkan, justru kami akan membina para siswa dan siswi, ya salah satunya dengan perlombaan ini,” terang Ricky.

Aspek yang dinilai dalam perlombaan adalah baris-berbaris, kekompakan tim, kedisiplinan, dan juga diadakan pemilihan pemimpin terbaik dari masing-masing tim atau sekolah.

Kategori juara di antaranya, Juara Utama, Juara Madya, Juara Bina, Juara Danton Terbaik, Juara Variasi Formasi Terbaik hingga Juara The Best Dress.(rid/hyt)