Lepas Status Bujangan, Ini Karir Politik Ketua DPRD Cianjur Ganjar Ramadhan

CIANJUR – Ganjar Ramadhan (31), Ketua DPRD Kabupaten Cianjur melepas masa lajangnya dengan mempersunting Anisa Puspanagara (25), Sabtu (11/1/2020).

Prosesi akad nikah dan resepsi Ganjar-Anisa dilangsungkan di Le Eminence Hotel, Cipanas, Cianjur.

Sebelum mengakhiri masa lajangnya, Ganjar merupakan salah satu Ketua DPRD termuda di Indonesia berusia 31 tahun dari Partai Gerindra hasil Pileg 2019 lalu.

Perjalanan karirnya di dunia politik terbilang menarik, karena pernah menjadi guru honorer di sebuah sekolah dasar di Cianjur.

“Saya meniti karir awal mula di politik, tapi karier saya pertama pernah menjadi guru honorer di SD negeri di Cianjur,” kata Ganjar.

Saat menjadi guru honorer, ia mendengar ada informasi penjaringan kader untuk Gerindra masa depan di tahun 2014 yang digagas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Saya lalu mengikuti pendidikan selama dua bulan di bukit Hambalang,” ujar Ganjar.

Dari 34 provinsi, ia terpilih dari Jabar sebagai perwakilan Cianjur yang lolos mengikuti pelatihan selanjutnya. Disinilah karir politiknya dimulai dengan menjadi staf di DPP Partai Gerindra.

Selama menjadi staf di DPP Gerindra, ia pernah menjadi tim ajudan yang mempersiapkan kunjungan Prabowo Subianto dan kegiatan DPP.

“Lalu saat 2019 ada pencalegan saya disuruh ikut, awalnya sempat ragu ketika ada perintah pimpinan harus ada perwakilan dari Gerindra masa depan maka saya ikut, setelah dapat izin dari pimpinan saya dapat nomor urut 9,” kata Ganjar.

Ganjar pun fokus dan turun ke lapangan untuk memenangi suara sampai akhirnya terpilih serta menduduki pucuk pimpinan di DPRD Kabupaten Cianjur sampai dengan 2024 mendatang.

“Saya atas nama Pemkab Cianjur mengucapkan selamat atas pernikahan sahabat saya,  semoga pernikahan menjadi samawa,  atas nama pribadi juga saya mengucapkan selamat,” ucap Plt Bupati Cianjur Herman Suherman usai menghadiri resepsi Ganjar-Anisa.

Sementara itu Ketua DPC Gerindra Kabupaten Cianjur, Dedi Kosim mengucapkan selamat atas pernikahan kadernya yang juga sebagai Ketua DPRD Kabupaten Cianjur Ganjar Ramadhan.

Dirinya juga menjelaskan bahwa Ketua Umum Partai Gerindra yang juga sebagai Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto berhalangan hadir karena ada agenda dinas.

“Saya ucapkan selamat menempuh hidup baru, untuk Ganjar Ramadhan,” tutur pria yang akrab disapa Abah Geboy.(yis/hyt)