BEM UNPI Galang Dana untuk Korban Banjir

CIANJUR– Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban banjir di Jabodetabek, puluhan mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNPI Cianjur bersama organisasi internal lainnya mengalang donasi di sejumlah titik di Kabupaten Cianjur sejak Jum’at, 3 Januari 2020 hingga hari ini.

Aksi dengan tema ‘Bersama Kita Bantu Banjir Jabodetabek’ akan terus dilakukan hingga dana yang diperlukan tercukupi.

“Sudah sejakJum’at kita turun ke jalan, Besok kita akan galang lagi, mudah-mudahan lancar selalu,” kata koordinator aksi, Neng Rismayanti kepada cianjurekspres.net, Senin (6/1/2020).

Saat ini, donasi yang terkumpul berupa uang tunai Rp.1,3 juta yang akan dibelanjakan untuk berbagai keperluan korban dan diserahkan langsung kepada pengungsi maupun RT/RW setempat yang ada di Bogor.

“Rencananya akan wakilkan ke tempat yang terdekat, Bogor. Nanti akan dibelanjakan dulu untuk pakaian, makan dan sisanya uang untuk korban yang mengungsi atau ke RT/RW nya setempat,” ujarnya.

Ia menyebutkan, saat ini ia dengan pihak internal kampus sedang merencanakan untuk tahap pemberangkatan dan penyaluran donasi tersebut. Salah satu yang menjadi perhatian BEM UNPI dengan organisasi internal lainnya ini adalah bagaimana caranya bisa membantu korban yang mengungsi, karena diketahuinya beberapa rumah yang terkena banjir rusak parah.

“Korban pada mengungsi, dan itu jadi perhatian kami. Rumahnya rusak karena banjir, coba bayangkan kalau kita ada di posisi mereka,” ujarnya.

Selain itu, dalam kegiatannya, ia bersama anggota lainnya turut mengingatkan warga sekitar di Cianjur agar tetap menjaga kebersihan lingkungan. Menurutnya, bencana banjir yang melanda daerah Jabodetabek dapat menjadi renungan bagi masyarakat Cianjur juga untuk bersyukur dan menyisihkan sebagian kecil hartanya sekaligus do’a untuk para korban banjir.

“Ya kita ingatkan langsung ketika galang donasi itu, karena kita bersyukur masih aman dari bencana tersebut. Tugas kita hanya menjaga lingkungan yang ada, dan jika berkenan menyumbangkan sebagian kecil hartanya untuk korban, juga do’akan mereka semua,”paparnya.

Mewakili mahasiswa yang ada di Cianjur, Risma berharap agar kawasan yang terkena banjir dapat segera surut dan pulih kembali. Begitupun dengan para korban, ia berharap agar selalu diberi kesehatan, keselamatan dan kesabaran.

“Mudah-mudahan banjirnya cepat surut, dan lingkungan normal kembali. Saya juga berharap semoga para korban diberi kesabaran dan kesehatan selalu. Saya harap masyarakat Cianjur dengan pemerintah setempat bisa lebih peduli lagi terhadap saudara kita disana,” harapnya.(rid/nik)