Kayu Pinus di Tangan Ade Jadi Karya Seni Bernilai Tinggi

CIANJUR – Kayu Pinus sederhana di tangan Ade Ana Tarmana disulap menjadi sebuah karya seni yang bernilai jual tinggi.

Kraptentik yang berarti asli kerajinan, merupakan nama perusahaan yang didirikan Ade. Selama dua tahun dirinya membuat beragam karya, dari mulai lukisan berbahan dasar kayu pinus dan lem infor, plakat, piala kayu, sketsa kayu, jam dinding, aksesoris huruf-huruf timbul, gelang dan lainnya.

“Lukisan ini awal mulanya berdiri dua tahun yang lalu. Saya membentuk perusahaan dengan nama Kratentik, yang berarti asli kerajinan,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, (10/10).

Harga nya pun variatif, dari yang termurah lukisan di aksesoris Rp2500 sampai yang paling mahal seperti custom piala Rp300 ribu. Khusus pemasarannya sudah menjangkau luar pulau jawa, bahkan ke luar negeri seperti ke Jepang dan Madinah.

“Untuk pemesanan dipatok perorder 3-5 hari untuk satuan, sudah termasuk paling lambat. Satu hari selesai ada juga 3 hari selesai seperti jam dinding bisa sampai 5 unit,” ungkap Ade.

Tingkat kesulitannya, lanjut dia, terkadang konsumen mengirim foto masih ada yang kurang dan susah untuk di editing.

“Kerajinan tangan sebenarnya lebih berharga dari pada produk-produk pabrikan pada umumnya. Saya berharap masyaraka bisa memandang kerajianan lainnya dengan kelas yang kebih tinggi,” harapnya. (Job3/hyt)