Santap Gadung, Lima Murid SD di Cianjur Kejang-kejang

CIANJUR – Lima murid SDN Bojong, Kampung Bojong Desa Gudang, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, mengalami kejang-kejang usai menyantap tanaman umbi jenis Gadung, Kamis (10/10/2019). Kelimanya terpaksa mendapatkan perawatan medis di Puskesmas terdekat.

Informasi yang dihimpun cianjurekspres.net, kelima murid tersebut menyantap Gadung yang di berada di kebun belakang sekolah usai mengikuti pelajaran olahraga. Tak berselang lama, mereka mengalami kejang-kejang.

“Jadi, pada saat anak-anak yang lain masih melakukan kegiatan olah raga. Mereka main dibelakang sekolah, salah satu temannya mengatakan bahwa Gadung tersebut enak seperti Bengkoang dan akhirnya dimakan,” kata Yudistira salah satu warga setempat.

Diungkapkan Yudistira, dari 6 orang anak yang main dibelakang sekolah tersebut. Hanya 5 orang saja yang makan umbi Gadung tersebut.

“Awalnya memang ada 6 anak, akan tetapi yang satunya tidak ikut makan, jadi 5 orang anak lainnya yang ikut makan salah satunya Rehan dan Fahri. Kalau yang lainnya saya lupa lagi nama-namanya,” tuturnya.

Dikatakan Yudistira, anak-anak tersebut masih duduk dibangku kelas IV SD. “Mungkin karena kepolosannya, ketika dikasih tahu Gadung itu enak ya dimakan saja,” ujarnya.

Menurutnya, pada saat kejadian ke lima anak tersebut langsung dibawa ke Puskesmas Cikalongkulon untuk diberikan perawatan medis.

“Jadi sebenarnya bukan keracunan, mungkin lebih tepatnya anak tersebut mengalami gatal dibagian tenggorokannya, saking tidak kuat menahan gatal jadinya kejang-kejang. Dan sekarang saya lihat anak tersebut sudah normal seperti semula,” tutupnya.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada keterangan resmi dari pihak medis.(yis/hyt)