Workshop Pembelajaran Anak Usia Dini

Ratusan Guru PAUD dan Mahasiswa Menjadi Peserta

CIANJUR – Ratusan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Ittihad jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) mengikuti Workshop pembelajaran anak usia dini, di aula Al-Ittihad, Rabu (9/10).

Ketua Prodi PIAUD STAI Al-Ittihad, Wahyudin mengatakan, workshop tersebut mengambil tema menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna berbasis saintifik.

“Alhamdulillah workshop ini di khususkan untuk para guru pendidikan anak usia dini (PAUD) se-Kabupaten Cianjur sudah dihadiri oleh 150 peserta dari seluruh guru PAUD. Workshop ini berfokus kepada bagaimana pengajaran anak usia dini dengan berbasis saintifik,” kata dia kepada Cianjur Ekspres.

Wahyudin melanjutkan, untuk pemateri dihadirkan langsung pakar pendidikan PAUD, yaitu Dr Mubiyar Agustin, salah satu pakar ahli bidang pendidikan anak dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Workshop ini juga tidak hanya dihadiri oleh para guru PAUD, tetapi juga melibatkan mahasiswa untuk jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) di lingkungan STAI Al-Ittihad, dan acara ini juga dihadiri badan eksekutif mahasiswa (BEM).

“Tujuannya untuk membrikan kontribusi tentang keberadaan STAI Al-Ittihad di tengah-tengah masyarakat Cianjur. Khusus untuk jurusan PIAUD STAI Al-Ittihad memberikan layanan atau ruang untuk pengembangan kompetensi guru yaitu pedagogik agar dengan keberadaan STAI Al-Ittihad dapat meningkatkan kemampuan guru di bidang peningkatan pengajarannya,” paparnya.

Dengan adanya STAI Al-Ittihad khususnya jurusan PIAUD diharapkan dapat bermitra dengan sekolah PAUD se-Kabupaten Cianjur, agar bermitra dalam pengembangan anak usia dini, baik itu secara psikologi, secara pengajaran ataupun secara profesional.

“Untuk masyarakat Cianjur, STAI Al-Ittihad alhamdulillah sudah membuka jurusan PIAUD dan untuk jurusan di STAI Al-Ittihad ada juga ekonomi syariah, STAI Al-Ittihad juga sudah mendapatkan Surat Keterangan (SK) izin operasional dari kementrian agama melalui nomor 200/77/2019,” ujarnya.

Dua tahun yang akan datang, STAI Al-Ittihad akan melakukan akreditasi, secara izin sudah di tempuh. Oleh karena itu bagi masyarakat Cianjur yang ingin mengembangkan kompetensinya di bidang pendidikan anak usia dini dan ekonomi syariah, silahkan untuk mengunjungi STAI Al-Ittihad. (job3/sri).