Situ Cibeureum Perlu Pembenahan

0 312

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Kawasan wisata Situ Cibeureum di Desa Cidadap, Kecamatan Campaka, kurang dilirik oleh para wisatawan karena kondisinya kurang mendapat pembenahan. Perbaikan sarana dan prasarana penunjang kunjungan wisata harus menjadi perhatian khusus pemerintah daerah

Iwan Sofyan, 40, tokoh pemuda Kecamatan Campaka, mengatakan, potensi wisata Situ Cibeureum saat ini kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah terutama dinas pariwisata. Sehingga keberadaannya belum mampu menarik minat misatawan untuk menyumbang naiknya Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Jadi jika pemerintah memberikan perhatian serius untuk penelolaan objek wisata yang ada, maka potensi wisata akan dapat menjadi sumber PAD yang baik untuk desanya itu sendiri, kecamatan, maupun kabupaten,” katanya kepada Cianjur Ekspres belum lama ini.

Menurut Iwan, selain kawasan wisata Situ Cibeureum, wisata air terjun yang ada di beberapa desa di Kecamatan Campaka juga berada diposisi yang sama yang belum juga mendapat perhatian khusus dari pihak pemerintah daerah.

Contohnya air terjun Cute yang ada di Desa Mekarjaya dan Campakawarna, dan air terjun Cikondang yang ada di Desa Sukadana. Semua kawasan wisata itu berpotensi dan bisa dijadikan sebagai tempat tujuan wisata utama, apalagi ditambahkan dengan penambahan wahana wisata lainnya yang dapat menarik minat wisatawan.

“Yang jelas jika sudah ditata dan dikelola dengan baik maka, akan dengan sendirinya kawasan wisata itu akan banyak dikunjungi wisatawan yang datang. baik wisatawan lokal, wisatawan domestik, bahkan wisatawan mancanegara,” ujar Iwan.

Sementara itu, pemerhati wisata yang juga mantan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Cianjur, Yeyen Rohyanda, mengungkapkan, untuk menjadikan kawasan wisata menjadi aset pendapatan desa, kecamatan, maupun pemerintah daerah, untuk potensi wisata Situ Cibeureum ini harus dilakukan pembenahan dengan baik. Mulai dari pembenahan infrastruktur, maupun perbaikan sarana yang ada di Situ Cibeureum. Dimana nantinya bisa dikelola dan dikembangkan dengan baik sebagai tujuan wisata.

“Jelasnya untuk proses itu sudah pernah dibahas oleh pemerintah daerah, dan untuk saat ini kita tinggal menunggu realisasinya saja, untuk dilakukan pembenahan kawasan wisata ini, khususnya wisata Situ Cibeureum,” ungkapnya. (mg1/yhi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.