River Tubing Mulai Diminati

0 248

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Kabupaten Cianjur begitu kaya dengan potensi wisata alamnya. Selain wisata pantai dan air terjun, juga memiliki destinasi wisata alam lain yang tak kalah seru untuk menarik minat kunjungan wisatawan. Seperti wisata air River Tubing yang ada di Desa Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon.

Berada di kawasan Cikalongkulon wisata air terbaru yang memanfaatkan aliran sungai Cikundul menjadi sebuah karya seni, ternyata membuat minat warga untuk mengunjungi aliran sungai ini terus meningkat.

Boleh dibilang, river tubing merupakan olahraga air yang digemari oleh banyak orang terutama kaum muda. Olahraga yang satu ini memang menantang dan menguji keberanian. Seperti halnya arung jeram, sensasi serupa juga dapat dirasakan saat menjajaki river tubing di aliran sungai Cikundul.

Sungai Cikundul merupakan sungai yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai jalur arung jeram ataupun river tubing atau mengarungi sungai dengan memakai ban dalam bekas kendaraan besar.

Sungai yang mengalir melintasi Kampung Parasu Desa Cijagang ini memiliki aliran air yang deras. Terdapat batu-batu besar yang menjadikan pengunjung semakin ingin menguji adrenalinnya dengan mencoba melewati sungai dengan peralatan khusus yang sudah disediakan pengelola.

Diprakarsai oleh Kepala Desa Cijagang, Asep Zulkarnaen Kartadireja, wisata air river tubing tersebut secara umum memanfaatkan derasnya aliran sungai Cikundul. Tak hanya wisata river tubing, di Desa Cijagang ini juga terdapat tempat selfie pulau cinta.

“River tubing ini merupakan kegiatan yang sangat menguji adrenalin. Namun banyak warga yang berminat untuk menjajal kegiatan ekstrim ini. Selain river tubing, ada juga wisata lainnya untuk melakukan foto-foto, seperti spot selfie pulau cinta,” katanya.

Kepala desa yang akrab dipanggil Juna ini mengatakan, apa yang dilakukan pemerintah desa adalah untuk mendorong potensi wisata desa yang mempunyai nilai ekonomi. Dimana dalam penataannya dikerjakan secara bersama oleh warga.

“Pengembangan dan pengelolaan wisata Desa Cijagang yang memanfaatkan aliran sungai ini dilakukan secara bersama oleh warga. Ditempat ini kami juga membuat desain perahu besar dari bambu yang menjorok ke sungai, ini tempat selfie dari pulau cinta,” kata Juna.

Sementara itu, Neni, 22, pengunjung asal Kecamatan Bojongpicung, Cianjur, mengatakan, kedatangan dirinya bersama dua temannya itu karena rasa penasaran dan tertarik saat melihat upload foto-foto selfie temannya di media sosial.

“Saya bersama kedua teman saya langsung menuju lokasi selfie cinta dan ternyata memang tempatnya sejuk dibawahnya ada aliran sungai yang biasa digunakan papalidan atau river tubing sama pengunjung yang datang kesini, sudah gitu tarifnya tidak dipatok melainkan seiklasnya saja,” ungkapnya. (mg2/yhi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.