Harhubnas 2019, Dishub Sukseskan Cianjur Caang

CIANJUR – Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2019 menjadi momen bagi Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur untuk lebih mensukseskan program Cianjur Caang disamping membenahi persoalan transportasi dan meningkatkan kesadaran berlalulintas masyarakat.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Sandy Zaini Ibrahim menjelaskan peran Dishub dalam program Cianjur Caang untuk memenuhi fasilitas Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU). Bukan hanya di kota, namun sampai wilayah Cianjur Selatan.

“Kita sedang giat-giatnya program Cianjur Caang dengan pemasangan PJU.Terutama wilayah Cianjur Selatan dan kota,” jelas Zaini kepada cianjurekspres.net di ruang kerjanya, Senin (16/9/2019).

Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, ungkap Zaini, Dishub sudah memasang 783 unit PJU di tahun 2017 dan 781 unit PJU selama 2018. Selain itu juga pemasangan rambu, marka, RPPJ, Warning Light, Trafficlight serta kerucut.

“Target Cianjur Caang dikita lebih dinamis, karena kewenangan kita di jalan kabupaten. Kalau jalan nasional dan provinsi koordinasinya di Dishub Provinsi serta Kementerian Perhubungan,” ujarnya.

Selain Cianjur Caang, Zaini menegaskan jika manajemen lalulintas dan keselamatan menjadi tugas penting yang harus dilaksanakan Dinas Perhubungan.

Terlebih saat ini, Cianjur khususnya di wilayah perkotaan masih sering terjadi kemacetan di beberapa titik pada saat jam kerja dan sekolah. Sebagai antisipasinya, Dishub menerjunkan petugas di titik-titik rawan kemacetan.

“Kami juga terus mensosialisasikan kesadaran berlalulintas ke masyarakat untuk mengurangi angka kecelakaan, termasuk melakukan uji kendaraan bagi angkutan umum untuk melihat laik jalan atau tidak,” tutur Zaini.(hyt)