Sanggar Lukis Butuh Ruang Kreasi

CIANJUR – Sedikitnya 120 anak TK dan Sekolah Dasar tampak begitu antusias mengikuti lomba lukis yang digelar Sanggar Lukis Fadli di Alun-alun Cianjur.

Pemilik Sanggar Lukis Fadli, Fadli Basayev mengatakan, kegiatan even lomba lukis untuk tingkat TK dan SD, terbagi dalam dua kategori. Dari TK ada TK A dan TK B, sementara dari SD, dari kelas I sampai kelas V.

“Alhamdulilah peserta untuk hari ini (kemarin-red)luumayan banyak, dari TK ada 120 peserta yang terbagi dua kategori, yang 50 persen untuk TK dan 50 persen untuk SD. Kegiatan ini tujuannya untuk mengingkatkan mutu kreativitas anak-anak di Cianjur, khsusunya anak usia dini dan SD,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, kemarin (15/9).

Fadli berharap, kegiatan ini direspon oleh banyak pihak terkait, baik pemerintah dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur, karena acara ini sangat bermanfaat bagi anak-anak usia dini dalam mengembangkan kreativitas mereka.

“Ada juga manfaat intelektual yang mereka dapati dengan kegiatan menggambar mewarnai ini, yakni melatih motorik halus, konsentrasi, percaya diri, keseimbangan otak kiri dan kanan. Jadi kegiatan ini sebaiknya difasilitasi oleh pemerintah terkait untuk meningkatkan kualitas SDM dari anak-anak usia dini,” kata Fadli.

Menurut Fadli, anak-anak yang tampil kreatif itu cenderung memiliki gagasan dan punya daya cipta sehingga mutu SDM di satu daerah akan meningkat.

“Harapannya Pemkab Cianjur, dalam hal ini Disdikbud memberikan ruang dan fasilitas, agar sering dibuatkan even-even seperti ini. Kami selaku guru, dan dari sanggar lukis Fadli itu siap membantu untuk penyelenggaraan even siswa-siswa yang tampil berprestasi,” ujarnya.

Hadiah untuk juara pertama tingkat SD uang tunai senilai Rp 1 juta, juara ke dua Rp 750 ribu dan ke tiga Rp 500 ribu, ada juga juara harapan mendapatkan piala. Untuk TK juara ke-1 mendapatkan uang tunai senilai Rp 750 ribu, juara ke dua Rp 500 ribu, dan juara ke tiga Rp 500 ribu, dan harapan satu, dua dan tiga mendapatkan piala.(job3/sri)