Candi Borobudur Mini Dipenuhi Wisatawan

0 276

CIANJUR, cianjurekspres.net – Keberadaan miniatur Candi Borobudur di Kampung Gunungputri Desa Sukatani Kecamatan Pacet, sangat mengundang perhatian warga dengan banyaknya wisatawan asal luar kota yang memenuhi kawasan wisata ini.

Ii Susilawati, 26, wisatawan asal Citeureup Bogor mengatakan, bahwa ia bersama lima temannya itu sengaja datang ke kawasan Gunungputri ingin mengunjungi miniatur Candi Borobudur yang konon mirip dengan Candi Borobudur asli yang ada di Jawa Tengah.

“Saya sengaja datang untuk berlibur dan mengunjungi candi mini ini untuk melihat bangunannya,” kata Ii kepada Cianjur Ekspres, kemarin (20/6).

Dia menambahkan, keberadaan mini candi tersebut memang berpotensi sebagai destinasi wisata. Namun, kalau mau lebih baik lagi pengelolaan tempat ini harus lebih tertata dengan baik. “Bagus banget ya, selain suasana alam yang sejuk ternyata di Cipanas juga ada sebuah candi meski hanya sebuah miniatur,” tambah Ii.

Senada dikatakan Isna, 25, selain berwisata ke Cibodas, keberadaan mini candi ini menjadi perhatian banyak orang. Selain biayanya masuk kawasan ini murah yang hanya Rp 5 rb untuk satu motor, juga bisa dijangkau dengan beberapa jam saja dari Bogor. “Kalau dilihat dari foto hp kita benar-benar mirip ada Candi Borobudur,” kata Isna.

Sementara itu, Aliyah, 40, penunggu lahan candi mengatakan selain miniatur Candi Borobudur, pemilik lahan awalnya berencana membangun miniatur candi lainnya. Dimana lahan dengan luas hampir satu hektar ini bisa membuat beberapa miniatur candi yang berbeda.

“Kalau saya disini hanya penunggu saja, sedangkan bagi pengunjung yang ingin masuk kita tidak memasang tarif paling juga untuk perawatan bersih-bersih saja, serta membayar uang parkir kendaraan,” ungkap Aliyah. (mg2/yhi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.