Puskesmas Sukanagalih Dibangun Standar PMK

CIANJUR – Untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana hingga pelayanan kepada pasien Puskesmas Sukanagalih tengah melakukan rehab total bangunan. Untuk sementara pelayanan Puskesmas Sukanagalih Kecamatan Pacet dipindahkan ke gedung yang berjarak 100 meter dari kantor Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet.

Kepala Puskesmas Sukanagalih Agus Suhendar mengatakan, sudah beberapa minggu ini Kantor Puskesmas Sukanagalih direhab total. Rencana pembangunan Puskesmas sendiri ditargetkan rampung di bulan Desember mendatang.

“Sejek tahun 2006 dibangun, baru saat ini Puskesmas kami direhab total. Pembangunan kali ini menggunakan dana alokasi khusus senilai Rp 2,2 miliar, dan gedung Puskesmas akan di tingkat menjadi dua lantai, lantai pertama untuk pelayanan pasien dan lantai kedua untuk kantor,” tuturnya.

Menurutnya, pihak Puskesmas Sukanagalih hanya menjadi penerima bantuan saja. Agus mengakui dengan pembangunan ini, bangunan Puskesmas sesuai standar Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) no 75 tahun 2014 tentang Puskesmas, pasalnya selama ini bangunan belum sesuai standar karena keterbatasan sarana dan prasarana.

“Saya ucapkan termakasih kepada Pemkab Cianjur dalam hal ini Plt Bupati Cianjur dalam mendorong program rehab total Puskesmas Sukanagalih. Saya berharap juga di tahun 2020 mendatang, akreditasi Puskesmas bisa meningkat, menjadi utama,” terangnya.

Dijelaskannya, untuk akses pelayanan tidak terganggu dan proses bersalin tetap pelayananan 1×24 jam. Diakuinya pasca rehab total nanti ada ruangan khusus asi, ruang promosi kesehatan, ruang manajemen terpadu balita sakit, ruang khusus penderita TB paru, dan ruang sterilisasi.

“Tidak ada perubahan dari dampak kepindahan sementara ini. Pasien yang datang pun stabil. Artinya tidak ada kendala pasca pindah pelayanan ini,” pungkasnya.(yis/sri)