Penyaluran BPNT di Kelurahan Muka Sudah 80 Persen

Plt Bupati Mendengar Langsung Aspirasi Masyarakat

PENDISTRIBUSIAN Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kelurahan Muka, Kecamatan Cianjur berjalan sebagaimana yang diharapkan. Bahkan pencapaiannya sudah mencapai sekitar 80 persen

Hal tersebut diungkapkan pada saat adanya monitor dan evaluasi yang dikukan langsung oleh Plt Bupati Herman Suherman, dan didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Amad Mutawali, ke Kantor Kelurahan pada Senin (12/8) kemarin.

Lurah Kelurahan Muka, Kecamatan Cianjur Sofyan Sauri mengaku, untuk pendistribusian program dari Kemensos BPNT di wilayah Kelurahan muka bejalan tanpa menemui kendala.

“Alhamdulillah, BPNT tetap berjalan seperti biasanya,” ujar Lurah Kelurahan Muka Sofyan Sauri, kepada Cianjur Ekspres, Selasa (13/8).

Sofyan mengatakan, secara umum ada 678 penerima manfaat BPNT yang terbagi dari PKH dan non PKH. Program tersebut sudah berjalan selama empat bulan. Beras yang diterima, menurutnya kualitasnya sangat baik sehingga tidak ada masalah yang timbul dari para penerima manfaat.

“Dibulan selanjutnya, penerima BPNT yang tadinya hanya menerima beras sebanyak 10 kilogram, kedepan hanya 7 kilogram yang sisanya akan diganti dengan telor,”

Dikatakannya, kehadiran Plt Bupati Cianjur Herman Suherman pada acara tersebut, sangat diapresiasi. Pasalnya animo masyarakat begitu besar. Dalam kesempatan itu Plt Bupati langsung mendengarkan apa yang disampaikan oleh masyarakat terkait penerimaan BPNT.

“Ternyata masyarakat langsung menyampaikan ke Plt Bupati, bahwa beras dari BPNT ini kualitasnya sangat bagus sehingga informasi tersebut langsung didengar Plt Bupati,” katanya.

Selain itu lanjut Sofyan, pada kesempatan yang bersamaan, Kelurahan Muka menggelar pameran kerajinan limbah sampah non organik, dengan hasil karya kerajinan dari berbagai status masyarakat terutama pemuda yang mengatasnamakan kelompok pengrajin daur ulang sampah (KALAMPAH).

Hal ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khusunya para anggota PKH dan penerima bantuan BPNT di wilayah Kelurahan Muka. “Saya harap dengan cara diberikan pembinaan dan pelatihan, mereka tidak hanya menerima bantuan saja, tapi kedepan akan lebih mandiri,” jelasnya.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Cianjur Amad Mutawali mengatakan, untuk pendistribusian BPNT menurutnya sudah 93 persen.

“Tinggal 7 persen lagi kartu BPNTnya belum didistribusikan, karena berbagai permasalahan,” katanya.(adv/yis/sri).