Pramuka Garuda SMPN 2 Cianjur Dikukuhkan

CIANJUR – Sebanyak 23 siswa dari SMPN 2 Cianjur yang tergabung dari kelas VII, VIII dan IX telah resmi dilantik dan dikukuhkan menjadi Pramuka Garuda, oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Cianjur, Budhi Rahayu Toyib, di aula serbaguna Bale Kitri, Karangtengah baru-baru ini.

Pembina Pramuka SMPN 2 Cianjur, Levi Sofia Syarifah mengatakan, Pramuka Garuda adalah merupakan kecakapan tertinggi untuk golongan penggalang. Kemudian prosesnya juga tidak mudah, mereka harus melewati beberapa tahapan terlebih dahulu seperti ada yang disebut sarat kecakapan umum.

“Sarat yang pertama adalah kecakapan umum penggalang itu adalah penggalang ramu, penggalang rakit, penggalang terap baru mencapai penggalang garuda. Adapun proses pengujiannya itu anak-anak kami mengikuti lebih kurang 4 bulan yang lalau mulai proses. Alhamdulillah mulai dikukuhkan lulusnya itu mulai kemarin,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, Senin (12/8).

Levi melanjutkan, para siswa di SMPN 2 Cianjur yang aktif di pramuka memang sangat luar biasa antusiasnya karena terlihat dari hadirnya setiap latihan pramuka yang dilaksanakan setiap Sabtu dari pukul 07.00 Wib, hingga puluk 12.00 Wib di lapangan sekolah.

“Motivasi dari sekolah sebetulnya cukup sederhana, ketika gugus depan kami sudah berjalan mencapai ke 33 tahun, capainya tentu saja adalah Pramuka Garuda, di mana dalam Pramuka Garuda diharapkan anak-anak bisa menerapkan kecakapan yang mereka punya dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan dapat menjadi motivasi bagi adik-adiknya sehingga mungkin tidak hanya sekedar dari kuantitas tetapi juga dari kualitasnya bisa lebih ditingkatkan lagi,” pungkansya (job3/sri).