Pembesuk Warga Binaan Membeludak

Lapas Siapkan Tempat Agar Keluarga Bisa Berkumpul

CIANJUR – Ratusan keluarga warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Cianjur berkunjung di hari pertama pasca Idul Adha 1440 Hijriah. Bahkan mereka bisa berkumpul langsung dengan keluarga mereka di dalam area lapas.

Kepala Subseksi Registrasi Bimbingan Kemasyarakatan Lapas Kelas IIB Cianjur, Fani Andika, menjelaskan, jadwal besuk warga binaan memang tidak dibuka pada saat Hari Raya Idul Adha, Minggu (11/8) namun sehari setelahnya.

“Untuk hari raya, kami fokuskan ke kegiatan keagamaan, mulai dari Salat Ied hingga penyembelihan hewan kurban. Dagingnya dimasak untuk dikonsumsi bersama. Ada beberapa hewan kurban yang disembelih, termasuk rencananya dari Pemkab juga ada,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, Senin (12/8).

Menurutnya, di hari besuk dalam momentum Idul Adha kali ini diperkirakan ada 500 keluarga dari warga binaan yang datang. Bahkan dari pagi hingga siang hari, keluarga dari warga binaan terus berdatangan dan mengambil nomor antrean.

“Memang biasanya di waktu besuk momentum hari raya ada ratusan keluarga yang datang, sekitar 500 pembesuk,” kata dia.

Dia menambahkan, untuk besuk kali ini warga binaan bisa langsung bertemu dengan kelurganya dan berkumpul. Sedangkan biasanya keluarga warga binaan hanya bisa membesuk di ruang khusus dengan penyekat.

“Jadi untuk kali ini khusus besuk kami sediakan di lapangan dan halaman di dalam area lapas,” kata dia.

Meski begitu, lanjut dia, pengawasan terhadap keluarga warga binaan yang membesuk tetap diperketat untuk mencegah barang-barang yang dilarang masuk ke area lapas.

“Saat masuk pun pastinya diperiksa, termasuk ada pengawasan khusus yang kami lakukan saat keluarga membesuk di dalam lapas. kami pastikan tidak ada barang yang dilarang masuk ke area lapas,” tuturnya.(bay/sri)