Pramuka Mengajarkan Kuat Mental

0 90

CIANJUR – Kegiatan Pramuka menjadi salah satu upaya untuk menanamkan sikap disiplin dan tanggungjawab kepada siswa. Melalui Pramuka lahirlah anak-anak generasi muda yang memiliki tanggungjawab dalam setiap langkahnya.

Suka dan duka pasti dirakan oleh setiap siswa yang aktif turut dalam setiap kegiatan Pramuka. Seperti yang diungkapkan Rika Amelia, siswi kelas XII SMA PGRI Takokak ini. Ia menjelaskan bahwa menjadi orang yang aktif di Pramuka sangat menyenangkan. Selain bisa menambah ilmu, di Pramuka juga bisa menambah teman dan bisa berbagi ilmu tentang ke Pramukaan.

“Menjadi seorang Pramuka itu sangatlah menyenangkan. Saya menjadi tahu beberapa tempat berkat Pramuka. Juli 2019 bulan lalu saya Kemah Budaya di Jogja juga atas dasar Pramuka,” kata Rika saat dihubungi melalui telepon seluler oleh Cianjur Ekspres, Minggu (11/8).

Kemudian, lanjut dia, tempat-tempat pelosok di daerah khususnya bisa terjangkau. Intinya Pramuka mengajarkan banyak hal yang pembelajarannya tidak dapat ditemukan di tempat lain. Pramuka itu satu kata berjuta cerita.

“Selain itu Pramuka juga mengajarkan kesetiaan, mengajarkan kebersamaan, dan yang terpenting Pramuka juga mengajarkan keikhlasan. Pramuka juga membentuk saya menjadi pribadi yang tidak hanya kuat fisiknya, tetapi kuat juga hatinya. Sejauh ini Pramuka menjadi kisah pelengkap dalam perjalanan hidup saya,” ungkap Rika.

Rika mengimbau kepada teman-temannya yang belum bergabung di Pramuka, agar bisa bergabung dan aktif di Pramuka. Karena pramuka mengajarkan tidak hanya kuat fisik, tetapi juga mental.

“Bagi adik-adik ataupun rekan-rekan yang pada mulanya mungkin berfikir bahwa Pramuka itu tidak menyenangkan, di sini dengan tegas saya mengutarakan bahwa Pramuka bisa membawa kita pada dimensi lain dalam hidup ini,” paparnya.

Rika berharap kepada adik-adik ataupun rekan-rekan sekalian mampu mengilhami Pramuka dari berbagai sudut pandang. Karena pada dasarnya sebuah keindahan itu tidak hanya terlihat dari satu sudut saja, masih banyak sudut lain yang mestinya kita coba untuk melihat keindahan itu. (job3/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.