Ziarah ke Makam Dalem Aria Wiratanudatar Cikundul

Rangkaian Peringatan Hari Jadi Cianjur

SALAH satu rangkain memperingati Hari Jadi Cianjur (HJC) yang dilaksanakan setiap tanggal 12 Juli, unsur Muspida Kabupaten Cianjur melakukan ziarah ke makam dalem Aria Wairatanudatar Cikundul atau yang sering disebut dalem Cikundul. Biasanya kegiatan tersebut dilaksanakan sore hari menjelang puncak HJC.

Namun untuk tahun ini, bertepatan dengan HJC yang ke- 432, tidak semua usnur Muspida bisa hadir dalam ziarah ke makam bupati pertama Cianjur itu. Plt Bupati Cianjur H Herman Suherman tidak bisa mendampingi Muspida lainnya, karena pada waktu yang bersamaan sedang ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan di Kuningan, Jawa Barat.

Hal itu sangat dimaklumi oleh Kepala Desa Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon Asep Zulkarnaen Karnaatmaja. Meski ia sudah berupaya mempersiapkan kedatangan orang nomor satu di Cianjur itu, ketidak hadirannya bisa dimaklumi.

“Sebenarnya saya merasa kecewa, karena Plt Bupati Herman Suherman tak jadi datang untuk ziarah kemakam dalem Cikundul,” kata Kepala Desa yang akrab disapa Zuna itu disela mempersiapkan kegiatan.

Zuna berharap kegiatan ziarah ke makam dalem Cikundul, agar bisa diagendakan secara rutin, dan bukan hanya dilakuan oleh bupati saja. Akan tetapi seperti para perangkat daerah atau OPD agar tidak melupakan akar sejarah Cianjur.

“Paling tidak kita harus terinspirasi dari Raden Wijayasaksana atau Raden Aria Wiratanudatar yang merupakan seorang pemimpin yang sangat menyayangi rakyatnya,” terang Zuna.

Dikatakan Zuna, dirangkaian Hari Jadi Cianjur yang ke- 342 ini, diharapkan kedepannya bisa lebih erat menjaga persaudaraan kebersamaan dan memajukan Cianjur yang lebih agamis.

“Saya berharap di Hari Jadi Cianjur ini tidak mengkotak-kotakkan, namun harus lebih sauyunan dalam memajukan Cianjur yang lebih agamis,” ujarnya.

Asisten Daerah (Asda) Administrasi Kabupaten Cianjur Budi Rahayu Toyib mengatakan, ziarah ke makam dalem Cikundul tersebut merupakan rangkaian Hari Jadi Cianjur yang ke- 342.

“Saya harapkan kegiatan ini dijadikan agenda rutin, juga menumbuhkan rasa kepemilikan terhadap warga sekitar khususnya dengan adanya makam dalem Cikundul ini,” kata Budi Rayahu Toyib.

Sementara itu Dandim 0608 Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani mengatakan, di Hari Jadi Cianjur ini agar masyarakat tetap menjaga tali silaturahmi dengan silih asah silih asuh dan tetap mempererat tali silaturahmi.

Menurutnya, selama ini sinergitas antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah beserta seluruh lapisan masyarakat tetap terjaga dengan baik.

“Kedepan semoga lebih erat dan lebih baik lagi sehingga roda pemerintahan, baik secara ekonomi, idiologi maupun politik bisa berjalan seiring dan seirama dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Cianjur,” pungkasnya.(yis/sri)