Plt Bupati Bagikan Bantuan PKH

CIANJUR – Sebanyak 785 Kepala Keluarga (KK) di Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, mendapatkan program keluarga harapan (PKH) yang dibagikan langsung oleh Plt Bupati H Herman Suherman, Selasa (9/7).

Kepala Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, H Udin Sanusi mengatakan, untuk pembagian PKH ini dilakukan oleh Plt Bupati Herman Suherman. Adapun untuk pencairan PKH menurutnya sudah dilakukan sejak akhir 2018 lalu, adapun untuk pencairan sebelumnya melalui atm bank yang telah ditunjuk.

“Untuk penerima manfaat PKH di Desa Sukatani, ada 785 KK ditambah dengan Bantuan Pangan Non TUnai (BPNT) ada 1.150 KK,” kata Kades Sukatani Udin Sanusi.

Menurutnya, saat ini untuk pencairan PKH bisa dilakukan melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Karya Mandiri. “Jadi untuk kemudahan pelayanan bagi masyarakat atau penerima manfaat PKH, bisa dicairkan melalui Bumdes Karya Mandiri Desa Sukatani,” ujarnya.

Menurut Udin Sanusi, adanya program PKH ini diharapkan benar-benar bermanfaat terlebih untuk mendorong dibidang pendidikan dan kesehatan khususnya bagi balita.

“Diharapkan dengan program PKH ini benar-benar bisa dimanfaatkan khususnya bagi warga penerima manfaat,” terangnya.

Plt Bupati H Herman Suherman mengatakan, bantuan PKH ini bisa juga dicairkan melalui bank BRI unit maaing-masing. Program PKH tersebut agar difungsikan sebagaimana mestinya

“Jadi kalau misalkan bapak atau ibu yang mempunyai anak sekolah maka harus digunakan untuk kepentingan sekolah, baik itu baju, celana, sepatu, ingat tidak boleh digunakan diluar itu,” katanya.

Selain itu lanjut Herman, bagi ibu – ibu hamil secara otomatis harus dibelanjakan untuk kebutuhan ibu hamil seperti susu formula, dan dilakukan pemeriksaan secara rutin ke bidan dengan begitu janin yang ada dikandungan ibu tersebut terjamin kesehatannya.(yis/sri)